Komponen Berbeda Mesin CPAP

Jika Anda sering merasa lelah di pagi hari, atau Anda merasa mengantuk di siang hari namun Anda tidur sepanjang malam, maka mungkin sudah waktunya untuk memeriksakan diri ke dokter. Ini karena ada kondisi tertentu yang dapat menyebabkan Anda tidak tidur nyenyak. Obstructive sleep apnea adalah kondisi yang mengganggu kualitas tidur Anda. Ada berbagai cara di mana kondisi dapat dikelola dan salah satu solusinya adalah penggunaan mesin CPAP.

Apa itu Mesin CPAP?

Mesin positive positive airway pressure (CPAP) digunakan untuk memungkinkan seseorang yang memiliki sleep apnea obstruktif untuk tidur lebih baik. Obstructive sleep apnea (OSA) adalah kondisi dimana saluran udara Anda terhalangi saat Anda tidur. Sumbatan ini disebabkan ketika otot-otot tenggorokan rileks, membuat jaringan tenggorokan dan lidah menghalangi jalan napas. Ini menyebabkan Anda mengambil napas yang dangkal atau Anda mungkin tidak dapat bernapas selama beberapa detik.

Kurangnya udara mengurangi aliran darah ke otak. Ini menyebabkan otak Anda terbangun dan memberi sinyal pada otot yang bertanggung jawab untuk bernapas berfungsi. Anda biasanya akan mengambil napas dalam-dalam yang diikuti oleh suara mendengus. Otak Anda kemudian akan kembali tidur dan akan terbangun lagi ketika obstruksi terjadi sekali lagi. Proses ini sangat mempengaruhi tidur Anda dan Anda mungkin tidak menyadarinya.

Komponen Mesin CPAP

Mesin CPAP umumnya terdiri dari motor, selang dan masker. Motor mengisap udara dari ruangan dan menekannya cukup untuk memastikan bahwa saluran napas Anda tidak runtuh. Ada mesin yang memiliki humidifier, yang terdiri dari tangki air yang memanaskan air sehingga Anda dapat menghirup udara yang memiliki kelembaban. Ini memastikan Anda tidak menderita tenggorokan kering saat menggunakan mesin. Selang digunakan untuk memindahkan udara yang telah ditekan dari motor ke topeng.

Kebanyakan mesin yang memiliki humidifier dibuat dengan selang yang dapat dipanaskan. Pemanasan penting untuk menghindari kondensasi karena udara lembab yang melewati selang. Diameter selang biasanya tergantung pada jenis mesin yang akan Anda gunakan. Terutama ada tiga jenis masker yang digunakan dengan mesin CPAP. Anda dapat menggunakan masker yang menutupi hidung saja, yang menutupi hidung dan mulut atau Anda dapat menggunakan hidung yang dipasang ke hidung.

Meningkatkan Efektivitas Mesin CPAP

Ada berbagai jenis mesin CPAP dan penting untuk mengidentifikasi mesin yang paling efektif untuk Anda. Anda dapat memutuskan untuk menyewa mesin untuk memeriksa apakah itu cocok untuk Anda dan kemudian Anda dapat membelinya atau membeli yang serupa. Jika Anda mengalami hidung tersumbat dan berair setelah menggunakan mesin, dokter Anda dapat merekomendasikan obat-obatan yang dapat Anda semprotkan langsung ke hidung untuk mengurangi kemacetan. Anda harus selalu memastikan bahwa masker Anda pas dengan benar sehingga udara tidak bocor. Menggunakan mesin setiap hari akan menyingkirkan gejala apnea tidur obstruktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *